Kamis, 24 November 2011

Soul Of Art

Cool is Art

Bagi gue, seni adalah segala sesuatu yang indah yang terlahir dari hati dan membuat diri sendiri senang, orang lain takjub, spektakuler. Tentu pastinya makna seni menurut kepala masing2 orang itu berbeda beda karena setiap orang memiliki cara pandang yang berbeda beda juga.
sesuatu yang indah yang terlahir dari hati itu memiliki nilai yang berbeda. Tidak semua orang memiliki Sense of Art sama. Dan pandangan seni yang menyimpang (seperti mendekati kepada hal pornografi misalnya,haha) itu juga tergantung terhadap filter yang dimiliki setiap orang.
dan seni pula yang dapat membuat orang memiliki karya, kreatifitas, dan nilai yang berharga dan menakjubkan.
silakan artikan sendiri seni itu seperti apa..,
karena makna SENI tidak dibatasi oleh pulau, benua, regional, atau juga tidak menyangkut sistem2 kuadrat bahkan rumus2 formula IF, Left dan sebagainya.... apa lagi F=m.a atau E = m.c kuadrat, dan lain sebagainya..kan gila.
Setiap manusia dikaruniai bakat masing-masing. Termasuk bakat seni. Bahkan gue percaya, setiap orang sebenarnya punya bakat seni masing-masing. Tinggal bagaimana mereka mengeksplornya. Dan menjadikan sense of art itu sebagai salah satu dari value of life, atau nilai hidup yang berharga.andrebocelli, Seorang ternama pernah mengatakan, bahwa ”Sesungguhnya bakat itu hanyalah satu persen, sisanya adalah kegigihan”.musik..Irama..Beat..Nada.. Seni musik memiliki tempat tersendiri dihati setiap orang. Termasuk musik klasik, yang oleh sebagian orang masih digolongkan sebagai musik rumit meski indah.Musik yang hanya bisa dinikmati oleh orang-orang yang hanya faham tentang musik. Tapi sebenarnya tak sedikit orang yang bisa menikmati keindahan musik klasik tanpa harus merasa rumit. Itulah hebatnya seni. Orang tak harus menjadi pakar seni dulu untuk bisa menikmati keindahannya.
trus..seni musik juga memberi spirit tersendiri bagi penikmat. Lewat nada-nada indahnya, karakter vokal penyanyinya, dan lirik yang bagus, maka musik menjadi satu kesatuan yang saling menghidupkan. Hidup tidak hanya ditelinga kita, tapi merasuk jauh kedalam jiwa. Bahkan musik tanpa vokalis, dan hanya memainkan instrumennya saja seperti jenis musik instrumentalia, akan tetap indah bila harmonisasinya terjaga. Begitu pula bila hanya mengandalkan olah vokal seperti acapella. Harmonisasi masing-masing karakter suara yang saling mendukung,(contoh: A-Voice Alkautsar :D hehehe)sprti itu akan menciptakan nada-nada yang menakjubkan. Antara bariton, sopran, ataupun tenor…makanya, musik juga banyak dipakai sebagai salah satu pengobatan alternatif. Dan dikenal dengan istilah music therapy. Contohnya adalah musik klasik Mozart. Bahkan konon, mendengarkan musik klasik setiap hari selama dua jam dengan penuh konsentrasi, mampu mengalirkan energi positif, dan meminimalisir energi negatif akibat polusi jiwa dari masalah yang di hadapi sehari-hari. Dalam hal ini tentunya nggak hanya terbatas pada musik mozart, tapi hampir semua musik klasik.Therapy mozart juga banyak digunakan untuk membantu stimulan otak bayi dalam kandungan. Agar bayi lebih cerdas. Sistem motoriknya berjalan dengan sempurna. Dan tentunya masih banyak lagi manfaatnya bagi bayi.
Namun bila bicara musik. Spirit yang mampu menghasilkan energi positif bagi pendengarnya, nggak terbatas pada musik klasik. Jenis musik lainpun mampu menghasilkan energi positif bagi pencintanya masing-masing. Yang menggemari musik R&B Pop misalnya, alunan keras-lembut iramanya, mampu membangkitkan spirit tersendiri. Hati bahagia bila mendengarnya. Hingga perasaan menjadi tenang. Begitu pula pop manis, jazz, dll, bahkan musik cadas seperti hard rock, yang konon lebih sering mengalirkan energi negatif pada pecintanyanya , akibat sering menimbulkan kerusuhan. Sebenernya klo mampu menikmatinya dengan rasa tanggung jawab, tertib dan penuh penjiwaan, maka wlwpun terkesan meledak-ledak, musik rock jga akan memberi spirit tersendiri bagi penggemarnya. biasanya musik rock lebih dikenal sebagai musik pelarian bagi jiwa-jiwa pemberontak atau anti kemapanan, kasar ,+ galak. Padahal smua itu nggak selalu benar. Musik, bagi pecintanya adalah sarana pelepasan energi negatif, penyalur energi positif, penyemangat hidup selama kita mampu mengambil manfaatnya bagi kesehatan jiwa biar nggak stress
nggak cuma nikmatin sambil lalu. Bahkan musik jga mampu ngasih kenangan. Terbukti kita sering merasa melankoli hanya karena mendengar lagu-lagu bernada sendu,galau gtu lah... Perasaan kita jadi terbawa, terhanyut. Perasaan kita juga bisa bergelora klo denger lagu yang bisa ngebangkitin rasa nasionalis, seperti dalam lagu-lagu perjuangan.Ada jga yang dimaksud sedih ataupun bahagia dalam konteks yang tepat, adalah bila musik yang kita dengar itu dalam timing dan moment yang tepat pula.. Kenangan pada peristiwa tertentu, baik sedih or bahagia.
Musik gak cuma nyentuh jiwa manusia trus menstimulus otak, ternyata juga ngasih pengaruh sama hewan n tumbuhan. lho lhoo??! iya, (liat di buku :P) Dalam sebuah artikel di majalah kesehatan ada pengalaman dari beberapa tokoh publik dan juga masyarakat biasa, bagaimana tumbuhan yang dipelihara mereka berkembang dengan pesat karena setiap hari diperdengarkan musik klasik. Atau dahan yang tumbuh dekat jendela kamar anaknya, suatu hari terlihat agak menjauh dari jendela. Mungkin karena si penghuni kamar terlalu sering memutar lagu berirama keras. Seolah dahan tersebut terganggu ketenangannya. Hingga suatu hari saat musik diganti dengan lagu klasik atau yang berirama lebih lembut untuk beberapa lamanya, dahan yang menjauh itu lama –lama seperti kembali ke posisi awal, bahkan seakan mengarah lebih maju kearah kamar. Percaya atau tidak, sepertinya itu masuk akal mengingat tumbuhanpun sebenarnya berjiwa..... hmm..