Senin, 12 Maret 2012

IPA atau IPS ?



Assalamualaikum.
Sebelumnya maaf,


Horaa semuanyaa :)
gue mau sedikit cerita lagi tentang waktu gue masih kelas X.5 dulu, waktu gue mau naik kelas XI, waktu gue akan alay, waktu gue mau milih IPA or IPS  nah ini dia !, kala itu ternyata gue terjebak dalam kebingungan yang luar biasa dalam menentukan sesuatu itu, (lebay!).  tapi benar, waktu itu Gue lagi dalam posisi bingung banget men.

Begini ceritanya,
waktu pas libur gue pulkam, “Sebentar lagi adalah waktunya kenaikan kelas nak”, kata Ibu gue yang sambil gosok baju sang ayah, jadinyaa sebentar lagi dijurusin mau ke IPA atau IPS ?, gue jawab, menurut Ibu kemana? (gue bingung) dan Ibu ku pun menjawab, ya terserah kamu lah, dan kata-kata ini menembah kebingungan gue! shit! ngga ada yang tau karena tidak ada penilaian berdasarkan bakat di School gue, gue Cuma bisa nyanyi, gambar, dan gaje Dance. Dan ternyata serta fakta dilapangan yang ada cuma NILAI gue yang menentukan.
ternyata Gue masih pusing, bingung lagi, lagi-lagi bingung, bingung lagi-lagi milih antara IPA atau IPS.. dari situ kehidupan bingung gue di mulai.
gue harus punya pilihan, dan benar, karna katanya hidup adalah pilihan.. :D



tapi terfakta pilihan gue terombang - ambing,
Kalo gue milih IPA, menurut gue waktu itu :

1. Masa Depan akan lebih cerah
Kesimpulan ini gue ambil setelah dapet nasihat panjang lebar dari Ibu, katanya kalau dari IPA, jurusan apa aja bisa dimasukkin. Gue sih pengennya masuk yang keren, dulu mah pengenya keren-kerenan.
Tapi kata Ibu, di masa depan tuh orang harus punya spesialisasi akan bidang2 tertentu seperti teknik kimia, teknik informatika, bioteknologi dsb.. -_- gue gak ngerti apaan itu !
Dan kata Ibu lagi, kalo dari jurusan Manajemen atau Ekonomi bakalan rada susah cari kerja karena jumlah lulusan jurusan kayak gini berlimpah ruah... (belum tentu juga batin gue, justru banyak yang jadi orang kaya dan pemimpin pemimpin hebat di IPS)

2. Menyenangkan Hati Orang Tua
Otomatis orang tua pasti berharap anaknya dapat yang terbaik, dan itu juga yang ada di otak bonyok gue yang tiap hari waktu itu isinya main game, main game. dan mereka rupanya berfikir bahwa IPA adalah jurusan terbaik buat gue...lalu gue turutin,  Kan menuruti apa kata orang tua itu pahalanya gede  heheh lho lho, iyalah :D

3. Bisa ke UGM
Ini satu dari cita-cita gue waktu itu, masuk ke UGM..
Dulu bokap gue pengen masuk sini, tapi ga punya duit jadinya sekarang gue yang malah disuruh masuk sini... tapi menurt gue ayah gue bukannya gak punya duit tapi Bodoo ( ala babe ) keliatan, mohon sorry ya dad, fakta. hehe Just Joke :D
umm keliatannya masa depan bakalan bagus kalo lulusan UGM..
tapi setelah gue di kelas XII yang udah mau lulus ini, amin!, gue gak jadi minat ke UGM, jadi nggak minat. dan ternyata gue punya pilihan lain. Teknik Mesin Unila.


4. Dikira orang pinter
Siapa coba yang ngga mau begini?
Kalo misalnya ditanyain, "jurusan mana dek?", "Jurusan IPA mas, SMA Al Kautsar". wahh
Gimana ngga bangga tuh?? Konon katanya jurusan IPA di sekolah gue adalah yang paling berat, hebat, bahkan lebih berat dari IPS. dan ada sang jagoan di IPA hingga sekarang , Si
M. Iqbal Mahfudz ! hoho kagum gue, bagaimana bisa MTK dapet 90, 95, 100. ! shit!
Ngga adil kan?? Emang... :(
hehehe nggaklaah :D ,  tentu saja adil, Allah maha Adil.
I think, Yang ngga enak dari IPA adalah waktu gue banyak tersita men...
Masa setiap hari harus menghitung sesuatu yang ghaib menurut otak gue waktu itu.
Belum lagi harus les yang macem-macem karena di IPA tanpa les, itu rasanya kayak menuju ke api neraka, gue mulai les les nya di kelas X gue ikut bimbel alkautsar, karna maksa. kelas XI gue malah gak les, males. lalu kelas XII, taubat serius bimbel di GO hehe, musti semangat!. Dijamin kalo otak maksa kayak gue ini bakalan anjlok.. dan benar pernah di kelas XI nilai gue anjlok peringkat empat dari bawah karena GALAU!. stop! tidak ada cerita tentang kegalauan itu.. lho apa hubungannyaa! dodol.

jadi, gak boleh maksaa, harus seriuus.


Di sekolah gue, waktu gue kelas X, tidak semua guru mau mengeluarkan soal-soal buku cetak ketika ulangan..
contohh, Ada seorang guru Matematika (sebut saja namanya Mr. TTG), dia tuh kalo ulangan dijamin dah soalnya ngehe abis.... tapi Mr. TTG pengertian sama gue, pengertian kalo otak gue itu pas-pasan.
Dan dia ini yang jadi pengatur gue masuk IPA karena semua ulangan gue kalo dirata-rata secara kasar (nih orang setiap ulangan, bobotnya bisa macem-macem ada yang bobot 4, bobot 3, kalo soalnya susah bobot 4 kalo gampang bobot 3) masih dapet 60 waktu itu pas mepet-pet-pet-pet ama angka mati buat masuk IPA... tapi ternyata si Mr. TTG baik ama gue, Dia ngasih gue dari 60 jadi 65, ntah angka 0,5 nya dari mana, hehe thankyou Mr, TTG !! :D  jadi gue bisa masuk IPA ?!. heheh gue banyak carper sama guru MTK di kala itu.. hmm ! maaf ya pak.
 

Sementara.... Fisika!, Kimia, Biologi! masih bisa gue kejar karena gurunya ngga segila ini... walaupun kimianya sering hari nyontek, ehm.

Dan karena waktu gue banyak tersita mengurus nilai, jadinya KAPAN GW BISA MAIN GAME????????? (waktu itu otak gue lagi gila)

nah ni..
Kalo gue misalnya masuk IPS:
1. Hidup akan menjadi sangat bahagia, penuh ke-Sanguinisan !
Hari-hari gue akan dipenuhi dengan game dan gitar seperti yang gue rasakan waktu SMP...
Katanya kakak kelas yang masuk IPS, kalo di IPS dijamin dah gak akan pusing ama yang namanya trigono dan macem2, dijamin hidup bakalan santai karena pulang ke rumah juga belum tentu bawa
 PR, seminggu belum tentu ada ulangan dan pelajarannya juga gak banyak nguras kinerja otak seperti di IPA... 
tapi.. ternyata di Alkautsar tidak demikian ! IPA IPS, sama !! 

2. Orang Tua Kecewa
Yang satu ini pengen banget gue hindarin....seperti yang kalian gak tau, gue sayang banget sama ortu gue.
Gue ngga mau bikin mereka kecewa karena mereka juga toh ngga pernah ngecewain gue...
Gue minta laptop, dibeliin....
Gue minta HP baru, dibeliin...
Gue ngga minta motor, tiba2 ada motor di garasi... :D (sok kaya)
Masa udah gitu mau gue kecewain?

3. Range Jurusan akan lebih sempit
Jurusan yang bisa dimasukkin paling juga jurusan Manajemen, Akuntansi, Ekonomi dan Hukum serta FISIP...
Saingan di jurusan tersebut, bejibun bro....

4. Dianggep Bodo
Hampir 80% orang mendiskreditkan anak IPS dengan sebutan males, ngga niat sekolah, maunya santai...
Padahal ada loh anak IPS yang nilainya bagus dan justru lebih hebat, contohnya seperti temen gue namanya 

Kemas Rahmat Zenvani Pinter. 
Tapi kebanyakan emang sih :D, yang gayanya udah kayak preman, yang congornya hoak! hoak!!, masuknya ke IPS...


Dulu pernah di sekolah ngadain tes psikolog buat uji potensi dan bakat...
Gue ikut dan hasilnya gue terekomendasi masuk IPS dan IPS dan IPS...
akhirnya si psikolog pembimbingnya langsung nyuruh gue masuk IPS...
Karena kemampuan ngapalin gue lebih bagus daripada kemampuan logika dan ngitung, secara gue agak pendiem :P, tapi... gue suka berimajinasai kayak orang idiot. seru men! dan tapi waktu itu gue menolak masuk IPS
 :(
Dan sekadar info, waktu kelas X.5 daya bayang ruang gue adalah yang terendah di tengah2 kelas gue...
Gue satu-satunya orang di kelas dengan daya bayang ruang rendah...
Makanya sekarang, waktu guru Matematika nerangin Geometri, Trigono, dll. gue gak ngerti abis dia ngomong apaan...
Pusing gue ngebayangin bangun-bangun yang diputer-puter. diagonal lah, akar - akar lah, pening (kacek)

Otak gue juga kalo dirasa-rasa emang lebih jago ngapalin ketimbang ngitung dan ngerjain soal-soal IPA... apalagi ngapalin TQ hahaha.
Di Ulangan2 yang berbau IPS / ngebaca, gue bisa dapet nilai 80 asal menyempatkan waktu buat ngapalin..
Di ulangan2 berbau IPA, walau gue udah usaha keras, belajar matematika 6 jam! dari jam 3 ampe jam 9 malam nonstop! (lebay lagi), tetep aja besoknya keluar angka 37....

Sebenernya yang kayak gini, udah pernah gue omongin ama ortu gue, tapi ortu gue ngomong ntar juga di IPA bisaa... haaaaah ?? kata gue, gile.
Itu semua cuma tergantung ama usaha dan semangat, yes.



..tapi akhirnyaa, gue bisa di terima IPA kelas XI IPA 4 dan kemudian sekarang Kelas XII IPA 3, alhamdulillah :) ..

Hoho mungkin mereka masih gak sadar kalo gue lebih cocok masuk IPS?
initinya IPA dan IPS sama aja tinggal kesunguhan kita aja kok (sotoy amat). dan sekarang kelas XII ini gue udah  lumayan bisa beradaptasi dengan ilmu ilmu alam dari Allah SWT., dan harus di Syukuri dan di nikmati, gue bisa suka dengan Fisika dan yang lain. gue harap gue bisa Jadi Dosen. amin
 :)
.apapun yang kita pilih adalah tergantung kita menjalaninya.